Jumat, 08 Maret 2013

Jajanan Kembar Khas Jawa Barat
Jajanan Kembar Khas Jawa Barat
Jawa Barat memang terkenal dengan aneka hidangan dengan cita rasa berbeda dan sangat lezat. Entah itu hidangan pokok atau berupa cemilan. Combro dan misro mungkin cemilan kembar yang sangat digemari sampai saat ini.


Kalau kamu pecinta kuliner dan gemar dengan makanan tradisional khas Jawa Barat, jangan pernah melewatkan menu lezat asli Tanah pasundan yang lezat-lezat. Memang kudapan Jawa Barat itu memiliki cita rasa yang sangat khas.

Menu yang biasanya kita tahu jika ingin menikmati sajian khas Jawa Barat adalah gurame goreng dan aneka lalapan. Tapi ada sajian tradisional Sunda yang sangat  lezat dan hampir menjadi pilihan masyarakat wajib saat bersantai.

Untuk cemilan asin, kuliner Parahyangan memiliki beragam menu yang umumnya dimasak dengan cara digoreng dan memilih material alami sebagai bahan dasarnya, combro salah satunya. Menu berbahan baku utama singkong ini merupakan cemilan khas Jawa Barat yang sangat mudah ditemui.

Combro yang merupakan kependekan dari kalimat oncom di jero (oncom di dalam). Di Bandung, masyarakat biasanya menyantap combro dengan ditemani bajigur. Cemilan ini cocok sekali disajikan pada pagi atau sore hari.

Mengolah combro bukan pekerjaan yang sulit. Cukup sediakan singkong yang sudah diparut, kemudian campur dengan kelapa parut. Sesuai namanya, combro memiliki isi berupa oncom yang ditumis dengan bumbu cabai dan bawang.

Jika sudah menjadi adonan dan diisi oncom, maka siap untuk dibentuk dengan bentuk bulat pipih kemudian digoreng. Disarankan untuk menggoreng combro di dalam minyak dengan api sedang untuk menghindari terjadinya tekstur yang keras pada oncom jika api terlalu kecil. Sementara, jika api terlalu besar, terkadang isinya tidak matang secara keseluruhan.

Adapun yang khas dari combro adalah rasanya yang gurih, renyah, dan tentu saja enak. Untuk menambah lezat rasa, tambahkan cabai rawit di dalamnya. Otomatis cita rasa pedas pun akan melengkapi kudapan yang dibuat dengan proses mudah dan murah itu.

Ada cemilan lain yang selalu menjadi pasangan combro saat dijajakan di jalan. Cemilan ini sejenis combro, namun memiliki cita rasa manis, cobalah jajanan khas lain yang bernama misro alias amis di jero (manis di dalam).

Adonannya sama dengan combro, yaitu singkong dan kelapa. Yang membedakan hanyalah bagian isi, yaitu gula aren. Untuk isinya, misro memang menggunakan bahan gula aren. Setelah adonan jadi dan sudah terisi gula, kemudian digoreng. Hidangan ini sangat lezat disantap saat masih panas karena lelehan gula yang keluar dari misro mampu menambah kenikmatan kudapan ini.

Kedua camilan tersebut sangat mudah dibuat dan aneka bahannya pun gampang ditemukan. Bahkan, kalau ingin mencari combro atau misro, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung. Sebab, saat ini keduanya sudah tersedia di banyak di daerah seperti Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia.

Hebatnya, combro jaman sekarang semakin beragam isiannya karena makanan Indonesia terus berinovasi. Hem, gimana? Mudah bukan membuatnya? Yuk, buat combro dan misro sebagai cemilan untuk menemani rilekser saat santai. Selamat menikmati! (berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar