Jumat, 08 Maret 2013

Mengenal Bandrek Minuman Khas Jawa Barat dan Resepnya

Setelah beberapa waktu yang lalu kami menulis tentang Bajigur salah satu minuman tradisioanal khas Jawa Barat, ternyata masih ada lagi minuman tradisional lain yang tak kalah nikmatnya dari daerah tersebut. Mungkin bagi anda sebagai penduduk setempat sudah bisa menebaknya minuman apakah ini?, namun jika ada diantara anda yang masih ada yang belum tahu, minuman ini adalah Bandrek.

Pada dasarnya minuman ini hampir sama seperti Bajigur yang sangat cocok untuk diminum ketika cuaca dingin atau malam hari, karena salah satu bahan dasarnya adalah jahe yang bisa membuat tubuh kita hangat. Ketenaran dari minuman tradisional ini juga sudah tersebar luas dibeberapa daerah di Indonesia, bahkan kabarnya lebih banyak ditemukan di Medan Sumatera Utara dan lebih dikenal sebagai Bandrek Sorbah.

Menariknya selain dijual oleh para pedagang secara tradisional, bagi anda yang menginginkan minuman ini dirumah dan bisa dibuat secara instan, sekarang Bandrek juga diproduksi sebagai minuman cepat saji yang bisa dibeli ditoko-toko atau supermarket.

Pada perkembangannya Bandrek di beberapa daerah memiliki ciri masing-masing, ada yang ditambah susu sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai Bansus, ada yang ditambah irisan daging kelapa muda, bahkan berdasarkan sumber di WIkipedia ada di beberapa daerah yang menambahkannya dengan rempah-rempah seperti merica, pandan, telur ayam kampung, dan lain-lain.
Setelah membaca uraian dari artikel di atas, mungkin ada beberapa diantara anda yang ingin mencoba untuk membuatnya sendiri. Namun jika anda belum tahu resep dari Bandrek, pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagi tentang cara membuat Bandrek dan resepnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • Jahe 200 gram
  • Air bersih 1000 mililiter
  • Gula merah 400 gram
  • Daun pandan 4 lembar
  • Cengkih secukupnya
  • Kayu manis secukupnya
  • Garam 1 sendok kecil
Cara Membuat Bandrek :
1. Bakarlah jahe yang sudah disiapkan, kemudian dimemarkan
2. Gula merah ditumbuk, supaya mudah larut jika dicampurkan
3. Rebuslah beberapa bahan seperti air, daun pandan, gula merah, jahe, kayumanis, cengkeh dan garam sampai mendidih dan akan mengeluarkan aroma
4. Setelah mendidih angkat dan kemudian disaring
5. Sekarang Bandrek sudah siap disajikan untuk beberapa orang.
  
Sangat mudah bukan, selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar